Cara Perawatan Hardisk Eksternal Dan Internal


Hardisk adalah salah satu Hardware yang paling penting dalam komputer maupun laptop, hardisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Hardisk juga untuk menyimpan SO dan juga sebagai wadah utama dalam komputer. Namun hardisk jugalah penting untuk dijaga agar lebih awet dan tahan lama mengingat fungsinya yang sangat penting, Merawat hardiskpun juga harus baik dan benar karena tak jarang kita ingin merawat hardisk malah sebaliknya hardisk kita menjadi rusak, lalu bagaimana cara perawatan hardisk yang baik dan benar, Simak cara cara berikut:


1. Hati-hati dengan Instal Ulang
Dalam instal ulang inilah Hardisk bekerja sangat keras, jadi sangat rawan terjadinya kerusakan akibat instal ulang ini.
2. Gunakan cadangan listrik Stalvolt atau lainya
Bila komputer atau laptop anda sering mati atau turunya tegangan listrik maka anda harus berhati-hati karena saat komputer berhenti secara mendadak maka resiko tergores dan rusaknya piringan hardisk sangatlah besar.
3. Matikan komputer sesuai prosedur
Bila anda mematikan komputer dengan langsung menekan tombol power maka hal tersebut sangatlah salah, karena hal ini sama saja dengan menghilangkan daya sepenuhnya pada komputer anda akibatnyapun piringan hardisk mudah sekali tergores.
4. Letakkan laptop dialas yang datar
Hindarilah memangku laptop karena akan ada guncangan jika posisi kita tidak stabil dan hardiskpun akan terguncang juga, dan hindari meletakkan laptop diatas kasur tanpa alas sedikitpun karena akan menambah panasnya suhu laptop anda.
5. Berilah PC atau laptop dengan udara yang cukup
Suhu adalah salah satu faktor penting keawetan Hardisk, bukan hanya hardisk saja karena kompunen lainyapun akan rusak bila suhu terlalu tinggi jadi sediakan cukup angin angin untuk memberikan suhu yang pas.
6. Bersihkan data yang tidak penting
Saat komputer dihidupkan maka hardisklah yang mempersiapkan semua aplikasi yang sudah terisntal, jika ada aplikasi yang berukuran cukup besar namun kita tidak pernah menggunakan maka sebaiknya kita hapus saja untuk memperingan dan memperpanjang umur Hardisk.
7. Antivirus
Antivirus inilah yang paling  besar peranya menurut saya karena dapat menjaga kesehatan hardisk anda, bila komputer sering dipakai untuk Browsing juga untuk main game, maka antivirus harus ada untuk mendeteksi apakah saat anda melakukan kegiatan tersebut ada virus yang masuk atau tidak.


Demikianlah beberapa cara perawatan hardisk yang benar, rajinlah merawat hardisk karena peran hardisk yang sangat penting dan vital dalam komputer ataupun laptop anda, Sekian dan terima kasih.

0 Komentar untuk "Cara Perawatan Hardisk Eksternal Dan Internal"

Back To Top